Surat Al-Quran Yang Disunnahkan Untuk Dibaca Pada Malam Jum’at

Posted: 14 July 2011 in Uncategorized

Dulu, sewaktu saya masih kecil, saya suka diajarin mengaji tiap habis maghrib. Tapi tidak tahu mengapa pas malam jum’at koq orang-orang mengkhususkan untuk membaca Surat Yasin yah? Padahal Surat di Al Quran itu banyak.

Memang ada sih hadits yang bunyinya seperti ini :

إن لكل شيء قلبا, وإن قلب القرآن (يس) , من قرأها فكأنما قرأ القرآن عشر مرات

“Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati, sedang hatinya Al-Qur’an adalah Surat Yasin. Barang siapa yang membacanya, maka seakan-akan ia telah membaca Al-Qua’an sebanyak 10 kali”. [HR. At-Tirmidziy dalam As-Sunan (4/46), dan Ad-Darimiy dalam Sunan-nya (2/456)]

Tapi Hadits ini adalah hadits maudhu’ (palsu), karena dalam sanadnya terdapat dua rawi hadits yang tertuduh dusta, yaitu: Harun Abu Muhammad, dan Muqotil bin Sulaiman. Karenanya, Ahli Hadits zaman ini, yaitu Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albaniy -rahimahullah- menggolongkannya sebagai hadits palsu dalam kitabnya As-Silsilah Adh-Dho’ifah (no.169).

Dalam hal ini saya tidak melarang untuk membaca surat yasin loh! Kan semua surat dalam al quran itu bagus. Tapi apabila suatu ibadah yang tidak ada keterangannya di dalam al quran dan hadits dijadikan sebuah ritual yang seakan ada perintahnya semisal mengkhususkan membaca surat Yasin di malam jum’at, maka nanti malah jatuhnya ke dalam perkara bid’ah.

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (Al-Hujurat: 1)

“Barangsiapa yang membuat-buat sesuatu yang baru dalam urusan (agama) kami yang bukan berasal daripadanya, maka semua itu tertolak.” (Shahih, HR. Al-Bukhari dan Muslim dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha)

Nah lalu apa dong surat alquran yang disunnahkan untuk di baca di waktu malam jum’at itu? Jawabannya adalah Surat Al Kahfi. Ini dia haditsnya:

Dari Abu Said Al-Khudri radhiallahu anhuma dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bahwa beliau bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنْ النُّورِ مَا بَيْنَ الجُمْعَتَيْنِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam jumat maka dia akan diterangi oleh cahaya antara jumat itu hingga jumat depannya.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi dalam Syuabul Iman, serta dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 6470)

Bagaimana? lebih milih yang disunnahkan atau yang tidak disunnahkan? Pembaca tentu sudah bisa menentukannya dari keterangan yang saya cantumkan diatas.

Wallahua’lam

sumber : surat al-quran yang disunnahkan untuk dibaca pada malam jumat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s